Jakarta – Sabtu 9 April 2022 Tim Yacaranda UGM ikut serta dalam ajang kompetisi Formula Electric Student Championship Indonesia International Motor Show (FESC IIMS) 2022. Acara ini di selenggarakan di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat pada tanggal 31 Maret-10 April 2022, setelah kurang lebih Selama 2 Tahun tidak mengikuti kompetisi akibat pandemi.
Dalam ajang Formula Electric Student Championship Indonesia International Motor Show (FESC IIMS) 2022 ini, Tim Yacaranda UGM berhasil meraih Best Acceleration pada Kategori Acceleration FESC IIMS Hybrid 2022 dan Juara kedua dalam kategori Business Plan.
Ajang tersebut sekaligus dimanfaatkan oleh Tim Yacaranda UGM untuk pengembangan dan riset mobil listrik. Tak hanya itu, ajang ini juga bisa mematangkan mahasiswa dalam membuat karya berupa mobil dengan konsep Formula Electric.
Tim Yacaranda UGM Meraih Best Acceleration Pada FESC IIMS 2022. 9/4/2022
Dalam Kompetisi ini Tim Yacaranda UGM menjagokan mobil Super Sekip EV-3 Evolution, yang mana Tim Yacaranda UGM sebelumnya telah memproduksi 4 mobil lain yaitu Super Sekip EV-1, Super Sekip EV-2, Super Sekip EV-3, Super Sekip ET-1.
Mobil Super Sekip EV-3 Evolution Tim Yacaranda UGM yang Dilombakan Pada FESC IIMS Hybrid 2022. 9/4/2022
Dalam Super Sekip EV-3 Evolution ini Tim Yacaranda UGM mengembangkan mobil berbekal baterai 48V dengan sistem monitor telemetri yang dapat dipantau dalam jarak jauh. Fitur tersebut berfungsi untuk memantau voltase batrai per sel, sensor suhu baterai, sensor suhu controller untuk dapat memantau dan memaksimalkan kinerja mobil. Tidak lupa mobil ini juga disertai dengan 5-Point Seatbelt untuk memastikan keamanan dan keselamatan driver di sirkuit
Untuk memastikan kenyamanan driver, mobil ini dirancang dengan Ergonomic Driver Seat. Adjustable Pedal Box juga dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan sesuai dengan postur driver saat mengemudi.
Super Sekip EV-3 Evolution juga dilengkapi dengan steering wheel yang memiliki sudut dengan mempertimbangkan aspek ergonomi untuk mengurangi beban steering. Dengan konstruksi supsensi yang dirancang Tim untuk memaksimalkan traksi ban pada permukaan jalan, sehingga dapat meminimalisir kejutan dan getaran yang dihasilkan.
Sumber : Kumparan.com