Mahasiswa DTM UGM Raih Penghargaan Best Paper di ICE-SEAM 2024

Surakarta, 19 September 2024 – Abiyyu Rizky Atmajaya, mahasiswa Program Sarjana Terapan Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat, Departemen Teknik Mesin (DTM) Sekolah Vokasi UGM, berhasil meraih penghargaan Best Paper dalam The 10th International Conference and Exhibition on Sustainable Energy and Advanced Materials (ICE-SEAM). Konferensi ICE-SEAM 2024 yang berlangsung di UNS Tower, Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, dihadiri oleh peneliti dan akademisi dari berbagai negara yang mempresentasikan 126 makalah ilmiah.

Melalui makalahnya yang berjudul Comparative Study of One and Two Step Type-Serpentine Magnetic Field Path Magnetorheological Valve for Excavator Seat Suspension Design , Abiyyu berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori Sustainable and Eco-Friendly Vehicle Science and Technology /SDG 11. Penelitian Abiyyu berfokus pada inovasi sistem suspensi kursi alat berat dengan menggunakan katup magnetorheological , yang bertujuan meningkatkan kenyamanan dan keselamatan operator. Kesuksesan ini juga merupakan hasil dari bimbingan langsung dari Ir. Irfan Bahiuddin, S.T., M.Phil., Ph.D., yang secara konsisten mendampingi Abiyyu selama penelitian.

Selain Abiyyu, delegasi DTM UGM juga menampilkan beberapa penelitian lainnya, termasuk makalah berjudul Effect of Manganese Composition on Wear Rate in Manganese Steel of Bucket Teeth Excavator Material yang dipresentasikan oleh Benaya Yedija Elvianto di bawah bimbingan Dr. Lilik Dwi Setyana, serta Comparison Dissimilar Friction Welding Method Joints Bushing Between Low Carbon Steel St 37 and Aluminum 6061 On Galvanized Pipes oleh Widia Setiawan. Kedua penelitian ini berfokus pada pengembangan material berkinerja tinggi sesuai dengan fungsinya masing. Hal ini mendukung SDG 9 ( Industry, Innovation, and Infrastructure ) yang menekankan pentingnya inovasi di sektor industri dan infrastruktur.

Anang sebagai salah satu peserta menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas pencapaian ini. “Saya sangat bersyukur dapat meraih penghargaan ini di ajang internasional seperti ICE-SEAM. Kesempatan untuk bertemu dengan peneliti-peneliti hebat dari berbagai negara dan mendapatkan bimbingan dari Ir. Dr. Irfan Bahiuddin, S.T., M.Phil., Ph.D., adalah pengalaman yang luar biasa. Semoga prestasi ini dapat menginspirasi mahasiswa lainnya,” ujar Anang.

Partisipasi mahasiswa DTM UGM dalam ICE-SEAM 2024 tidak hanya memperkuat jaringan internasional dalam bidang penelitian, tetapi juga menunjukkan kontribusi aktif dalam pencapaian berbagai tujuan SDGs, seperti SDG 9 dan SDG 11, dengan berfokus pada inovasi teknologi untuk menciptakan solusi berkelanjutan di industri alat berat dan material canggih.

kontributor: Anang Dwi Prasetyo

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.