Hari Pertama International Student Exchange Mahasiswa NUAA di UGM

Senin, 22 Januari 2024, menjadi hari pertama kegiatan mahasiswa dari Nanjing University of Aeronautics and Astronautics (NUAA). Didampingi oleh dosen dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr. Eng. Yosephus Ardean K Prayitno, Dr. Eng. Agustinus Winarno, dan UGM Student Buddy, mereka mengawali kunjungan ke Kampus UGM. Dalam program ini, tiga mahasiswa DIV Teknologi Rekayasa Mesin Departemen Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM diwakili oleh Dzaki Endaputra, Airlangga Nanda Suprapto, Aidzin Iqbal Rohim. Sedangkan dua mahasiswa pascasarjana (S2) Teknik Mesin Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM diwakili oleh Nico Ndaru Pratama dan Wahyu Hayatullah. Kegiatan dimulai dengan mendatangi Office of International Affairs (OIA) UGM, dimana mereka mendapatkan orientasi kampus yang komprehensif. Dalam kesempatan ini, para mahasiswa diperkenalkan dengan berbagai fasilitas dan layanan yang disediakan oleh OIA agar mereka memiliki pemahaman mengenai kehidupan kampus di UGM.

Pemaparan dari OIA UGM dan Mahasiswa NUAA

Lebih lanjut, para mahasiswa dari NUAA, yaitu Peng Junweng, Liam Jinming, dan Zou Bin juga aktif berbagi informasi mengenai kampus mereka dan penelitian yang sedang mereka jalani terkait Electrical Impedance Tomography (EIT) di berbagai aplikasi praktis. Hal ini tidak hanya menciptakan pertukaran pengetahuan antara kedua institusi, tetapi juga memperkaya pengalaman akademis mahasiswa UGM dengan wawasan mengenai riset-riset yang sedang mereka lakukan. Selain itu, mahasiswa UGM mendapatkan media atau ajang untuk memiliki jaringan pertemanan internasional dan melatih secara langsung kemampuan bahasa Inggris mereka.

 Welcome Ceremony dilaksanakan di gedung Teaching Industry Learning Center (TILC) Sekolah Vokasi UGM sebagai simbol resmi penyambutan bagi mahasiswa program student exchange dari NUAA ini. Acara ini dimulai dengan pemaparan oleh Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Alumni Sekolah Vokasi UGM, Dr. Endang Sulistyowati, M.Pd didampingi oleh Sekretaris Departemen Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM, Dr. Irfan Bahiuddin.

Pengenalan Laboratiorium Coordinate Measuring Machine (CMM) oleh Dr. Eng. Agustinus Winarno di Gedung TILC

Setelah pemaparan, dilakukan tur gedung TILC bersama Dr. Eng. Agustinus Winarno, memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru mengenal lebih dekat fasilitas pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan belajar yang modern dan sesuai dengan tuntutan industri. Dalam kesempatan ini, baik mahasiswa NUAA maupun student buddy dibawa ke Laboratorium CMM dan ke Center of Excellence (CoE) Industrial Product Design and Development (IPD&D).

Foto bersama UGM Student Buddy dan Mahasiswa NUAA

Kegiatan diakhiri dengan kegiatan bersepeda bersama Student Buddy UGM, menjelajahi setiap sudut kampus UGM sekaligus memberikan pengenalan secara langsung berbagai fasilitas dan lokasi penting di lingkungan kampus UGM.

Foto bersama di depan landmark Universitas Gadjah Mada
Foto bersama di depan landmark Universitas Gadjah Mada

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.